FG Troches 10 Tablet Hisap

Rp18.450

Deskripsi

Komposisi

Setiap tablet hisap FG Troches mengandung Fradiomycin sulfate sebanyak 2.5 mg, dan gramicidin sebanyak 1 mg.

Kategori

Antibiotik

Indikasi Umum

Untuk mengobati radang gusi (gingivitis), sariawan, radang mulut (stomatitis), pharyngitis, bronchitis, radang tenggorokan, radang amandel (tonsillitis), infeksi gusi (periodonitis), Vincent’s angina, pharyngeal diphtheria.

Deskripsi

FG Troches adalah tablet hisap yang merupakan golongan obat antibiotik dengan kandungan fradiomycin sulfate 2.5 mg dan gramicidin 1 mg. Obat ini digunakan untuk penyakit yang berkaitan dengan saluran pernapasan seperti radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus dan streptococus, serta untuk pencegahan infeksi setelah operasi mulut.

FG Troches memiliki spektrum antibakteri yang luas karena aksi sinergis dari fradiomycin sulfat dan gramicidin-S HCl. Fradiomycin sulfat memiliki substansi yang sama seperti neomycin, efektif melawan gram-negatif, gram positif, bakteri asam-cepat (acid-fast bacteria) serta Actinomyces. Gramicidin efektif terhadap bakteri gram positif termasuk strain yang resisten penisilin. Ketika digunakan bersama-sama, mereka menunjukkan tindakan sinergis dan menjadi efektif terhadap berbagai bakteri patogen.

Dosis

Dewasa : 4 – 5 kali 1-2 tablet hisap per hari.
Anak : 4 – 5 kali 1 tablet hisap per hari.

Aturan Pakai/h2>

FG Troches lebih baik dikonsumsi sesudah makan. Tablet dihisap-hisap hingga larut seluruhnya.

Cara Penyimpanan

Simpan ditempat sejuk dan kering, serta terhindar dari sinar matahari langsung. Dan jauhkan dari tempat yang lembab.

Kemasan

1 Strip @ 10 Tablet hisap

Efek Samping

Anoreksia, nausea (rasa tidak nyaman di perut), gangguan saluran pencernaan, mual dan muntah, serta reaksi alergi seperti kemerahan, gatal dan bengkak pada kulit, dan gangguan nafsu makan.

Interaksi Obat

FG Troches dapat terjadi interaksi obat bila digunakan bersamaan dengan :

  • Obat penenang atau obat tidur (tubocucarine atau succinylcholine).
  • Obat diuretik (furosemide atau ethacrynic acid).
  • Obat antikoagulan atau pengencer darah (warfarin).
  • Obat aminoglycoside selain neomycin (paromomycin, bacitracin, cisplatin, atau polymyxin B).

Kontra Indikasi

Tidak boleh dikonsumsi oleh penderita dengan kondisi di bawah ini :

  • Hipersensitivitas terhadap obat fradiomycin sulfate dan gramicidin
  • Penderita yang mempunyai riwayat alergi terhadap obat dari golongan aminoglikosida seperti streptomisin, kanamisin, gentamisin, fradiomisin atau bacitracin
  • Penerita gangguan saluran pencernaan.

Perhatian

Penggunaan obat ini harus dengan resep dokter.

Jangan mengkonsumsi obat ini dalam waktu lebih dari 1 minggu. Hentikan pengobatan obat ini dalam waktu lebih dari 1 minggu. Hentikan pengobatan apabila terjadi reaksi hipersensitivitas atau alergi. Hati-hati penggunaan FG troches pada lanjut usia karena resiko terjadinya avitaminosis. Konsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter, tidak menghentikan konsumsi obat secara tiba-tiba tanpa arahan dokter karena dapat menyebabkan kebal atau resisten obat sehingga infeksi tidak dapat diobati. Habiskan obat  sesuai dengan anjuran dokter walaupun kondisi sudah membaik.

Fadiomycin sangat sedikit diabsorpsi di saluran cerna, bekerja lokal di tempat infeksi. Namun, absorpsi sistemik dapat terjadi. Absorpsi sistemik ini yang bisa berbahaya karena Fradiomycin (termasuk golongan aminoglikosida lainnya) adalah antibiotik yang bersifat neurotoksik (merusak syaraf), ototoksik (merusak pendengaran) dan nefrotoksik (merusak ginjal). Karena berpotensi sebabkan efek samping yang serius pada nursing infant, antibiotik aminoglikosida (termasuk Fradiomycin) sebaiknya tidak digunakan untuk ibu menyusui.

Kategori Kehamilan : C (studi terhadap binatang percobaan memperlihatkan adanya efek-efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil, atau studi terkontrol pada wanita hamil dan binatang percobaan. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya resiko terhadap janin.

Segmentasi

K Merah

Manufaktur

Meiji

Informasi Tambahan

Berat0.01 kg
Dimensi10 × 5 × 1 cm