Hydrocortisone Cream 2,5% 5 gram (Generik)

BELI DI TOKOPEDIA

BELI DI SHOPEE

Komposisi

Setiap Tube (5 gram) mengandung Hydrocortisone Acetate sebanyak 2,5%.

Kategori

Kulit

Indikasi Umum

Hydrocortisone Cream 2,5% umumnya digunakan untuk menekan reaksi radang pada kulit yang bukan disebabkan infeksi seperti eksim dan alergi kulit seperti: dermatitis atopik, dermatitis kontak, dermatitis alergik, pruritus anogenital, dan neurodermatitis.

Deskripsi

Hydrocortisone merupakan anti inflamasi, anti alergi, dan antipruritus pada penyakit kulit, umumnya digunakan untuk menekan reaksi radang pada kulit yang bukan disebabkan infeksi seperti eksim dan alergi kulit seperti: dermatitis atopik, dermatitis kontak, dermatitis alergik, pruritus anogenital, dan neurodermatitis. Obat ini mengandung Hydrocortisone Acetate sebanyak 2,5%.

Hydrocortisone atau hidrokortison adalah obat yang digunakan untuk meredakan peradangan, mengurangi reaksi sistem kekebalan tubuh, dan mengatasi kekurangan hormon hidrokortison.

Hydrocortisone merupakan obat golongan kortikosteroid. Obat ini bekerja dengan menurunkan respon sistem kekebalan tubuh, sehingga gejala dan keluhan, termasuk nyeri dan pembengkakan bisa berkurang.

Obat ini termasuk golongan obat keras yang didapat harus dengan resep dokter.

Dosis

Oleskan 2-3 kali sehari pada bagian kulit yang mengalami infeksi.

Aturan Pakai

Hydrocortisone Cream 2,5% lebih baik digunakan pada bagian yang terinfeksi, dengan cara dibersihkan dahulu kemudian dioleskan tipis-tipis.

Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu 20-25 ℃ (68-77 ℉), terlindung dari cahaya. Hindari dari jangkauan anak-anak.

Kemasan

1 Tube @ 5 gram

Efek Samping

Rasa terbakar, gatal, kekeringan, atropi kulit, infeksi sekunder

Interaksi Obat

Sejauh ini belum ada interaksi obat yang dilaporkan, namun pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Kontra Indikasi

  • Penyakit kulit karena virus atau tuberkulosis, rosasea akut, skabies, dermatitis perioral, tinea, pemakaian lama atau daerah yang luas pada kehamilan
  • Penderita yang hipersensitif
  • Herpes simplex, vaccinia, dan varicella; infeksi jamur.

Perhatian

Penggunaan obat ini harus dengan resep dokter.

Jangan menggunakan Hydrocortisone Cream 2,5% jika Anda memiliki alergi, terutama terhadap obat ini.

Hindarkan penggunaan jangka panjang, dosis besar, pemakaian yang tebal dan luas, penggunaan pembalut.

Hentikan penggunaan jika terjadi sensitisasi atau iritasi.

Infeksi sekunder dapat timbul karena masking effect kortikosteroid: gejala radang oleh infeksi mungkin tidak seluruhnya nampak.

Hati-hati pemakaian pada anak-anak dan wanita menyusui.

Jika terjadi reaksi alergi obat atau overdosis setelah menggunakan obat Hydrocortisone Cream 2,5%, segera temui dokter.

Kategori Kehamilan : C
Studi terhadap binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin(teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil, atau studi terkontrol pada wanita hamil dan binatang percobaan. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya resiko terhadap janin.

Segmentasi

K Merah

Manufaktur

Generic Manufacturer