Metformin HCL 500 mg (Generik)

Rp3.500

Stok 25

Deskripsi

Komposisi

Setiap tablet mengandung Metformin Hcl sebanyak 500 mg.

Kategori

Diabetes

Indikasi Umum

Diabetes Melitus Tipe 2 (pilihan pertama pada pasien DM dengan berat badan berlebih), apabila pengaturan diet dan olah raga saja tidak dapat mengendalikan kadar gula darah. Metformin dapat digunakan sebagai terapi tunggal atau dalam kombinasi dengan obat antidiabetik lain atau insulin (pasien dewasa), atau dengan insulin(pasien remaja dan anak > 10 tahun).
Off Label
Manfaat metformin pada sensitivitas insulin telah ditunjukkan pada wanita non-DM dengan PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). Penggunaan metformin berhubungan dengan meningkatnya siklus menstruasi, peningkatan ovulasi, dan penurunan kadar androgen yang bersirkulasi.

Deskripsi

Metformin 500 mg merupakan obat antidiabetes generik yang dapat mengontrol dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Metformin 500 mg merupakan salah satu obat yang termasuk dalam golongan biguanide yang paling sering digunakan. Metformin 500 mg memiliki efek utama mengurangi produksi glukosa hati (glukoneogenesis). Selain itu, Metformin juga bekerja dengan memperbaiki sensitivitas insulin dengan cara meningkatkan pengambilan dan penggunaan glukosa di jaringan perifer. Dengan demikian, maka akan terjadi perbaikan toleransi glukosa pada pasien diabetes tipe 2. Obat ini dapat dikonsumsi secara tunggal, dikombinasikan dengan obat antidiabetes lain, atau diberikan bersama insulin.
Off Label
Metformin memiliki efek utama meningkatkan penyerapan glukosa perifer, menurunan produksi glukosa hepatik basal, menurunkan lipolisis jaringan adiposa dan meningkatkan sensitivitas insulin di otot, selain itu metformin dapat mempengaruhi penurunan kadar androgen dalam tubuh serta menekan konsentrasi dari Anti-Mullerian Hormon (AMH) yang mempengaruhi pembentukan folikel dan Plasminogen Activator Inhibitor (PAI) yang memiliki hubungan terhadap terjadinya keguguran pada seseorang.

Dosis

Diabetes Melitus Tipe 2
Dosis Dewasa
Dosis Harian  : 500-3000 mg/hari. (Diberikan dalam 2-3 dosis terbagi)
Dosis maksimal : 3000 mg/hari. Obat diberikan bersama. Sesudah makan.
Khusus untuk sediaan XR : 500 mg/ hari dengan dosis maksimal 2000 mg/hari.
Dosis Anak :
Anak usia 10-17 tahun : 500 mg setiap 12 jam. Dosis pemeliharaan : naikan dosis hingga 500 mg per minggu jangan lebih dari 2000 mg per hari.
Off label :
PCOS : 1500mg/hari dalam dosis terbagi.

Aturan Pakai

Metformin 500 mg tablet lebih baik dikonsumsi pada saat makan. Gunakan metformin pada waktu yang sama setiap harinya agar pengobatan lebih efektif.

Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu 20-25 ℃ (68-77 F), terlindung dari cahaya. Hindari dari jangkauan anak-anak.

Kemasan

1 Blister @ 10 Tablet

Efek Samping

Mual, muntah, anoreksia, dan diare selintas, asidosis laktat, gangguan penyerapan vitamin B12, infeksi saluran pernafasan atas, nasofaringitis, reaksi hipersensitivitas, peningkatan enzim hepatik, pankreatitis akut, konstipasi, perburukan fungsi ginjal.

Interaksi Obat

  • Penurunan efektivitas metformin, jika digunakan bersamaan dengan Diuretik, Kontrasepsi oral seperti pil KB, obat-obatan golongan kortikosterioid.
  • Meningkatkan resiko ketoasidosis jika digunakan bersama obat-obatan anti inflamasi non steroid dan obat-obatan hipertensi.
  • Meningkatkan efektivitas metformin jika digunakan bersaman dengan kalsium, fenilbutazon, dan alkohol. Sehingga dapat menimbulkan hipoglikemia.

Kontra Indikasi

Obat ini tidak boleh diberikan kepada pasien dengan kondisi: Penyakit ginjal dengan kadar kreatinin serum lebih dari 1.5 mg/dL (pria) dan lebih dari 1.4 mg/dL (wanita). Infark miokard akut, septikemia, gagal jantung kongestif. Penyakit hati kronik, alkoholik, hipoksia. Asidosis metabolik akut atau kronik, termasuk ketoasidosis dibetes dengan atau tanpa disertai koma. Hipersenitivitas, ketoasidosis diabetik, gangguan fungsi ginjal (GFR < 30 ml/ menit/1,73 m2 ) atau gangguan hati berat, serta pasien dengan kecenderungan hipoksemia (misalnya penyakit serebrovaskular, sepsis, renjatan, PPOK, gagal jantung NYHA FC III-IV), predisposisi asidosis laktat, gagal jantung atau baru mengalami infark miokard, infeksi atau trauma berat, dehidrasi, penggunaan alkohol serta menggunakan anastesi umum.

Perhatian

Penggunaan obat ini harus dengan resep dokter. Dosis Metformin diturunkan pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal GFR 30-60 ml / menit/1,73 m2 Hentikan sebelum pembedahan atau ganti dengan insulin. Periksa fungsi ginjal sebelum atau sekali setahun selama pengobatan dengan metformin Pemantauan kadar gula secara rutin.

Kategori Kehamilan : B
Studi terhadap sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko pada janin tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil, atau studi terhadap sistem reproduksi binatang  percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak terjadi pada studi terkontrol terhadap wanita hamil trisemester 1 (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trisemester selanjutnya).

Segmentasi

K Merah

Manufaktur

Hexpharm Jaya

Informasi Tambahan

Berat 0.01 kg
Dimensi 10 × 5 × 1 cm