Kalpanax Salep 6 gram

Rp6.900

Stok 2

Deskripsi

Komposisi

Setiap gram Kalpanax salep mengandung Salicylic acid, Camphora, Sulfur Precipitatum, Benzoic Acid, dan Menthol.

Kategori

Kulit

Indikasi Umum

Untuk membantu mengatasi infeksi jamur pada kulit seperti, jamur pada tubuh atau kurap (tinea corporis). Infeksi fungi atau jamur yang menjangkiti kulit di bagian paha dalam, sekitar kelamin, dan bokong (tinea curis), kutu air (tinea pedis), panu (pityriasis versicolor).

Deskripsi

Kalpanax Salep adalah obat anti jamur dengan kandungan Salicylic acid, Camphora, Sulfur Precipitatum, Benzoic Acid, Menthol. Obat ini digunakan untuk menangani berbagai infeksi jamur pada kulit seperti panu (pityriasis versicolor), kurap (tinea korporis), tinea manuum, tinea cruris, kutu air (tinea pedis), dan dermatosis seboroik. Salicylic acid merupakan senyawa dengan kemampuan antiinflamasi dan analgesik. Asam salisilat dapat menghambat secara langsung maupun reversibal terhadap enzim siklookisgenase (COX-1 dan COX-2) untuk menurunkan prostaglandin yang menyebabkan peradangan. Obat ini juga menyebabkan sel-sel kulit mengelupas lebih mudah sehingga membantu pertumbuhan sel kulit baru. Absorpsi asam salisilat mudah diserap melalui kulit. Distribusi asam salisilat dengan pengikatan protein plasma: 50-80%, untuk albumin. Sera ekskresinya melalui urin (asam salisilat (52%), glukuronida salisilat (42%) dan asam salisilat (6%). Benzoic acid merupakan senyawa dengan kemampuan fungistatik (dapat menghambat pertumbuhan jamur) yang sering digunakan dalam industri obat bahkan makanan. Povidone iodine merupakan antiseptik spektrum luas yang kerap digunakan untuk mencegah infeksi luka di kulit.

Dosis

Dewasa : oleskan secara merata di area kulit yang terinfeksi jamur 2 – 3 kali sehari. Anak usia lebih dari 12 tahun : sama dengan dosis dewasa.

Aturan Pakai

Dioleskan tipis-tipis pada bagian yang terkena infeksi.

Cara Penyimpanan

Simpan ditempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya matahari dan jauhkan dari tempat yang lembab.

Kemasan

1 Pot @ 6 gram

Efek Samping

Terjadi iritasi, kulit kemerahan, biduran (urtikaria), pembengkakan pada kulit (edema), peradangan kulit (dermatitis), gatal, sensasi rasa panas dan seperti terbakar pada kulit, pengelupasan kulit, kulit kering, dan alergi lokal.

Kontra Indikasi

Tidak boleh digunakan oleh penderita dengan kondisi di bawah ini :

  • Hipersensitivitas terhadap kandungan yang ada di dalam Kalpanax Salep.
  • Pasien yang memiliki kadar kelenjar tiroid yang terlalu aktif dalam tubuh (hipertiroidisme).
  • Tidak untuk digunakan pada anak di bawah 2 tahun.
  • Ibu hamil dan menyusui.

Perhatian

Hati-hati pada penderita hipersensitif. Gunakanlah obat ini hanya untuk pemakaian luar dan hindari area mukosa seperti kelopak mata mulut dan hidung. Bila terjadi reaksi hipersensitif atau iritasi, obat harus dihentikan. Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 6 – 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari. Bisa juga digunakan setiap setelah mandi. Kategori Kehamilan : C (studi terhadap binatang percobaan memperlihatkan adanya efek-efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil, atau studi terkontrol pada wanita hamil dan binatang percobaan. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya resiko terhadap janin.

Segmentasi

Hijau

Manufaktur

Kimia Farma

Informasi Tambahan

Berat 0.01 kg
Dimensi 10 × 5 × 1 cm