Pil KB Andalan isi 28 Tablet

Pil KB Andalan isi 28 Tablet

Rp15.600

BELI DI TOKOPEDIA

BELI DI SHOPEE

Komposisi

Setiap blister terdiri dari 28 tablet, setiap tablet mengandung :
  • 21 tablet berwarna kuning mengandung 0,15 mg Levonorgestrel dan 0,03 mg Ethynil Estradiol
  • 7 tablet berwarna putih mengandung Placebo.

Kategori

Kontrasepsi dan Hormon

Indikasi Umum

Pil KB Andalan digunakan sebagai kontrasepsi oral.

Deskripsi

Pil KB Andalan merupakan sediaan kontrasepsi oral yang merupakan kombinasi antara Estrogen (Ethynyl Estradiol) dan Progestin (Levonorgestrel). Kombinasi ini merupakan cara untk mendapatkan sediaan yang efektif, sehingga fluktuasi jumlah hormon yang diberikan selama satu siklus mirip dengan fluktuasi hormon enogen yang terjadi selama satu siklus haid normal tanpa kontrasepsi. Dengan pendekatan ini wanita yang menggunakannya akan terpapar dengan jumlah dan jenis hormon yang biasa dialaminya selama satu siklus haid normal dan diharapkan reaksi yang mungkin timbul akan seminimal mungkin.

Penggunaan sediaan kombinasi dimulai pada hari ke-7 siklus hair akan meniadakan kadar puncak FSH dan LH pada pertengahan siklus. Hal ini terjadi karena efek feedback negatif terhadap hipotalamus yang mempengaruhi pola normal sekresi gonadotropin. penurunan kadar gonadotropin ini menyebabkan hambatan ovulasi. Demikian juga mukosa serviks akan menjadi lebih kental sehingga menyulitkan penetrasi sperma, serta menghambat pematangan sel telur sehingga tidak dapat dibahi oleh sperma.

Dosis

Penggunaan Pil KB Andalan 1 tablet/hari selama 28 hari berturut-turut.

Aturan Pakai

Pil KB Andalan lebih baik dikonsumsi sebelum/sesudah makan, serta penggunaannya harus diminum tepat waktu atau di jam yang sama.
Bila lupa menggunakan Pil KB Andalan, disarankan untuk segera melakukannya begitu ingat, jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.
Pemulaan pemakaian : tunggu sampai periode haid berikutnya. Segera haid setelah datang, mulai makan Pil KB Andalan dimulai dari tablet berwarna putih yaitu tablet placebo. Lanjutkan minum pil tiap hari mengikuti tanda panah sampai semua pil dala blister habis. Hendaklah Pil diminum pada waktu yang sama setiap harinya.

Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu 20-25 ℃ (68-77 ℉), terlindung dari cahaya. Hindari dari jangkauan anak-anak.

Kemasan

Dus, 1 Blister @ 28 Tablet Salut gula

Efek Samping

  • Efek samping dengan meliputi mual muntah, mastalgia, perdarahan antar haid, sakit kepala ringan, udema, perubahan berat badan, hiperpigmentasi kulit dan exaserbasi acne.
  • Amenorhea : setelah penghentian penggunaan kontrasepsi hormonal sering menimbulkan kegelisahan karena kekhawatiran tentang kemungkinan hamil. Lamanya amenorhea bervariasi dari 2-3 bulan sampai lebih 1 tahun.
  • Gangguan metabolisme karbohidrat
  • Gannguan metabolisme
  • Efek teratogenik
  • Payudara menjadi lunak

Interaksi Obat

  • Penurunan efektivitas dari pil KB, jika dikonsumsi bersamaan dengan rifampisin.
  • Serupa dengan penggunaan bersamaan dengan barbiturat, fenitoin, ampicillin.

Kontra Indikasi

Tidak boleh dikonsumsi oleh penderita dibawah ini :
  • Diduga kanker payudara
  • Diduga adanya neoplasia yang tergantung pada estrogen
  • Diduga adanya kehamilan
  • Memiliki riwayat penyakit pembekuan darah (trombosis), masalah pembuluh darah tertentu (misalnya pendarahan di otak, serangan jantung, stroke) atau kanker payudara, memiliki resiko untuk terjadinya pembekuan darah yang berat atau memiliki masalah jantung tertentu (misalnya masalah katup jantung, denyut jantung tidak teratur).
  • Nyeri dada yang disebabkan oleh angina, tekanan darah tinggi berat atau tidak terkontrol, kanker endometrium, serviks atau vagina, pendarahan vagina abnormal atau diabetes.
  • Memiliki penyakit hati, tumor atau kanker hati atau riwayat sakit kuning (kuning pada mata atau kulit yang disebabkan oleh kehamilan atau sebelum penggunaan KB. Telah menjalani operasi dan dimungkinkan kurang gerak. Wanita berusia lebih dari 35 tahun dan merokok 15 batang atau lebih perhari.

Perhatian

Penggunaan obat ini harus dengan resep dokter.
Harus diperhatikan bahwa resiko kehamilan dapat terjai apabila terlupa memakan pil pada satu siklus. Pil yang terlupa pada awal siklus resikonya lebih besar dari pada siklus pertengahan atau seterusnya. Apabila satu atau dua pil terlupa, suatu metode pencegahan kehamilan harus dilakukan sampai selesai 1 siklus. Tes kehamilan hendaknya dilakukan apabila menstruasi tidak terjadi pada waktunya. Apabila 3 atau lebih pil terlupa, maka pil selanjutnya dihentikan dan harus dilakukan metode pencegahan kehamilan tanpa hormon selama 2 minggu pada siklus pil yang baru berikutnya.
Pasien yang menggunakan kontrasepsi oral harus melakukan check up tahunan terhadap tekanan darah, urinalisa, level palpitasi, serum glukosa, lipid level, dsb.

Segmentasi

K Merah

Manufaktur

DKT Indonesia