Daktarin Krim Anti Jamur 5 g

Rp26.400

Deskripsi

Komposisi

Setiap gram Daktarin Krim mengandung mikonazol nitrat sebanyak 20 mg.

Kategori

Kulit

Indikasi Umum

Daktarin Krim yang digunakan untuk mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh dermatofit atau ragi, dan jamur lainnya, seperti:
  • Panu
  • Tinea capitis di kulit keala
  • Tinea corporis di leher atau badan
  • Tinea manuum di telapak tangan
  • Tinea barbae di dagu
  • Tinea cruris di selangkangan
  • Tinea pedis di telapak kaki atau athletes’s foot.

Selain itu, miconazole memiliki aktivitas terhadap bakteri gram positif, sehingga dapat digunakan unruk mengatasi mikosis dengan infeksi sekunder bakteri (misalnya dermatitis popok).

Deskripsi

Daktarin Krim merupakan sediaan topikal atau obat oles kulit yang mengandung zat aktif Miconazole Nitrate 2 % yang digunakan terutama untuk terapi lokal kandidiasis vagina dan untuk infeksi dermatofit. Obat ini juga berfungsi menangani berbagai infeksi jamur pada kulit seperti panu (pityriasis versicolor), kurap (tinea korporis), tinea manuum, tinea cruris, dan kutu air (tinea pedis).Miconazole Nitrate 2%. Miconazole bekerja dengan menghancurkan bakteri dan jamur penyebab infeksi. Dengan demikian, maka obat ini digunakan untuk mengatasi penyakit infeksi kulit yang diakibatkan oleh berbagai jenis jamur serta infeksi yang disebabkan karena bakteri gram positif. Mikonazol merupakan anti jamur yang dapat menghambat atau menghentikan pertumbuhan jamur, agen antij amur turunan imidazol ini dapat menghambat biosintesis ergosterol pada jamur dan mengubah komposisi komponen lemak lain di dalam membran, sehingga mengakibatkan kematian sel jamur. Golongan imidazole juga bekerja dengan cara mengubah permeabilitas dinding sel jamur.

Dosis

Infeksi kulit : Oleskan 2 kali sehari pada bagian kulit yang terinfeksi selama 2-6 minggu.
Penggunaan krim harus dilanjutkan setidaknya 7 hari setelah hilangnya semua tanda-tanda infeksi hilang dengan tujuan untuk mencegah infeksi kembali kambuh. pengobatan harus dilanjutkan 10 hari setelah semua gejala hilang.

Aturan Pakai

Oleskan krim setelah bagian yang sakit dibersihkan dan dikeringkan.

Cara Penyimpanan

Simpan ditempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya matahari dan jauhkan dari tempat yang lembab.

Kemasan

Dus, Tube @ 5 gram

Efek Samping

Kulit terbakar, terasa menyengat, nyeri saat disentuh, atau kering. Kulit iritasi, kemerahan, atau mengelupas.

Interaksi Obat

Daktarin Krim tidak boleh digunakan bersamaan dengan :

  • Penggunaan secara sistemik menghambat kerja CYP3A4/CYP2C9
  • Antikoagulan oral (warfarin): monitor efek antikoagulan, hipoglikemik oral dan fenitoin: meningkatkan risiko efek samping hipoglikemik oral dan fenitoin.

Kontra Indikasi

Daktarin Krim tidak boleh digunakan oleh penderita dengan kondisi di bawah ini :

  • Hipersensitivitas terhadap obat mikonazol atau mikonazol nitrat, atau turunan imidazol lain
  • Ibu hamil dan menyusui.

Perhatian

Hati-hati pada penderita hipersensitif. Hanya digunakan untuk pemakaian luar. Tidak boleh digunakan untuk mata. Bila terjadi reaksi hipersensitif atau iritasi, obat harus dihentikan. Hati-hati bila digunakan pada wanita hamil dan menyusui. Krim daktarin mengandung bahan tambahan berupa zat Asam Benzoat yang dapat mengiritasi mata, kelopak mata, mulut dan hidung. Krim ini mengandung bahan tambahan Hydxyanisole butylated dapat menyebabkan reaksi kulit lokal (misalnya dermatitis kontak), atau iritasi pada mata dan selaput lendir.  Jika terjadi reaksi sensitivitas atau iritasi, hentikan penggunaan obat ini. Kategori Kehamilan : C (studi terhadap binatang percobaan memperlihatkan adanya efek-efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil, atau studi terkontrol pada wanita hamil dan binatang percobaan. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya resiko terhadap janin.

Segmentasi

Biru

Manufaktur

Taisho Pharmaceutical

Informasi Tambahan

Berat0.01 kg
Dimensi10 × 5 × 1 cm