Ponstan 500 mg 1 Tablet

Rp3.200

Stok 141

Deskripsi

Komposisi

Tiap tablet salut selaput Posntan mengandung Asam Mefenamat sebanyak 500 mg.

Kategori

Anti nyeri / analgesik, anti inflamasi / anti radang

Indikasi Umum

Nyeri ringan sampai sedang seperti sakit kepala, sakit kepala, sakit gigi, dismenore primer, termasuk nyeri karena trauma, nyeri otot, nyeri yang ditimbulkan dari rematik akut dan kronis, luka pada jaringan lunak, pegal pada otot dan sendi, nyeri akibat asam urat, serta nyeri pasca operasi.

Deskripsi

Ponstan berkhasiat sebagai analgesik/antinyeri dan antiinflamasi/antiradang yang mengandung asam mefenamat 500 mg termasuk golongan analgesik non opioid dan merupakan analgesik kelompok AINS (Anti-Inflamasi Non Steroid) golongan fenamat yang digunakan dalam pengobatan nyeri ringan hingga sedang.. Obat ini berkerja dengan cara menghambat produksi hormon penyebab nyeri dan peradangan di tubuh. Sebagai analgesik adalah satu-satunya turunan fenamat yang mempunyai daya kerja yang baik pada pusat sakit dan saraf perifer. Asam mefenamat cepat diserap dan konsentrasi puncak dalam darah dicapai dalam 2 jam setelah pemberian lalu diekskresikan melalui urin. Dalam penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk Dokter. Dan penggunaanya tidak boleh lebih dari tujuh hari, kecuali dalam pengawasan dokter. Jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi dengan dosis yang berlebihan dapat menimbulkan risiko seperti mual, diare, hingga sakit mag.

Dosis

Dewasa dan anak lebih dari 14 tahun : dosis awal 500 mg, kemudian 250 mg setiap 6 jam sekali atau 4 kali per hari. Anak-anak lebih dari 6 bulan : 3 – 6,5 mg/kg berat badan tiap 6 jam atau 4 kali per hari.

Aturan Pakai

Ponstan lebih baik dikonsumsi pada saat makan. Cara Penyimpanan

Simpan pada tempat sejuk dan kering, serta terlindung dari cahaya matarhari dan jauhkan dari tempat yang lembab.

Kemasan

1 Blister @ 10 Tablet salut selaput
Harga Tertera adalah Harga1 Tablet

Efek Samping

Gangguan sistem darah dan limpatik berupa agranulositosis, anemia aplastika, anemia hemolitika autoimun, hipoplasia sumsum tulang, penurunan hematokrit, eosinofilia, leucopenia, pansitopenia, dan purpura trombositopeni. Dapat terjadi reaksi anafilaksis. Pada sistem saraf dapat megakibatkan meningitis aseptik, sesak napas, pandangan kabur, konvulsi, mengantuk, ruam kulit (hentikan pengobatan), kejang pada over dosis. Dapat mengiritasi sistem pencernaan, dan mengakibatkan konstipasi atau diare. Pembengkakan pada wajah, mulut, lidah dan tenggorokan.

Interaksi Obat

Ponstan dapat terjadi interaksi bila digunakan bersamaan dengan :

  • Kumarin : dapat meningkatkan daya antikoagulan dari kumarin.
  • Asam valproat: menggantikan asam valproat pada lokasi pengikatan dengan albumin.
  • Siklosporin dan lithium : dapat mengakibatkan gangguan fungsi ginjal, peningkatan nefrotoksisitas, serta peningkatan kadar lithium.
  • Methotrexate : dapat meningkatkan risiko toksisitas methotrexate, termasuk neutropenia, trombositopenia, dan gangguan ginjal.
  •  Aspirin dan obat antiinflamasi nonsteroid lain : dapat meningkatkan toksisitas gastrointestinal.
  •  Digoxin : dapat meningkatkan kadar serum dan waktu paruh digoxin.
  • Diuretik : dapat meningkatkan efek natriuresis pada loop diuretik, seperti furosemid dan thiazide karena inhibisi sintesis prostaglandin ginjal.
  • ACE-Inhibitor, ARB, beta bloker : dapat menurunkan efek antihipertensi, menyebabkan penurunan fungsi ginjal pada pasien lansia yang memiliki gangguan ginjal dan dalam terapi diuretik.
  • Warfarin, SSRI : dapat menyebabkan efek sinergistik dalam meningkatkan risiko perdarahan.
  • Antasida : dapat meningkatkan absorpsi asam mefenamat.

Kontra Indikasi

Tidak boleh dikonsumsi oleh penderita dengan kondisi di bawah ini :
  • Hipersensitivitas terhadap obat Asam Mefenamat
  • Radang atau tukak pada saluran pencernaan
  • Pengobatan nyeri periopratif pada operasi CABG
  • Perdarahan di lambung
  • Pasien dengan penyakit ginjal
  • Pasien dengan penyakit asma.

Perhatian

Penggunaan obat ini harus dengan resep dokter.
Hati-hati bila diberikan pada pasien dengan gangguan atau faktor risiko kardiovaskular, penderita asma, tukak lambung, radang usus, gangguan hati dan ginjal, wanita hamil dan menyusui. Pemakaian asam mefenamat tidak boleh lebih dari 7 hari.
Kategori Kehamilan : C (studi terhadap binatang percobaan memperlihatkan adanya efek-efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil, atau studi terkontrol pada wanita hamil dan binatang percobaan. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya resiko terhadap janin).

Segmentasi

K Merah Manufaktur Pfizer

Informasi Tambahan

Berat 0.01 kg
Dimensi 10 × 5 × 1 cm