Lostacef Sirup Kering 250 mg

Lostacef Sirup Kering 250 mg

Rp14.300

BELI DI TOKOPEDIA

BELI DI SHOPEE

Komposisi

Tiap 5 ml Lostacef Sirup Kering mengandung Cefadroxil sebanyak 250 mg.

 

Kategori

Antibiotik

 

Indikasi Umum

Untuk infeksi saluran napas (tonsilitis, faringitis, pneumonia, bronkitis, bronkiektasis, abses paru, empiema, pleuritis, sinusitis, otitis media), kulit & jar lunak (limfangitis, abses, selulitis, ulkus dekubitus, mastitis, furunkulosis, erisipelas), saluran kemih kelamin (pielonefritis, sistitis, adneksitis, endometritis). osteomielitis, artritis, septikemia, peritonitis, sepsis purpura.

 

Deskripsi

Lostacef adalah obat antibakteri/antibiotik yang berfungsi untuk infeksi saluran napas (tonsilitis, faringitis, pneumonia, bronkitis, bronkiektasis, abses paru, empiema, pleuritis, sinusitis, otitis media), kulit & jar lunak (limfangitis, abses, selulitis, ulkus dekubitus, mastitis, furunkulosis, erisipelas), saluran kemih kelamin (pielonefritis, sistitis, adneksitis, endometritis). osteomielitis, artritis, septikemia, peritonitis, sepsis purpura. Lostacef memiliki kandungan Cefadroxil sebanyak 125 mg.

Cefadroxil dapat bekerja dengan cara membunuh kuman secara langsung dengan merusak dinding sel kuman. Penggunaan antibiotik apa pun tanpa resep dokter dan tanpa aturan yang jelas, dapat menyebabkan penggunaan antibiotik tidak ampuh jika digunakan kembali di masa depan (resistensi antibiotik).

Obat ini termasuk golongan obat keras yang didapat harus dengan resep dokter.

 

Dosis

Anak-anak : 1 – 2 kali sehari 1 sendok takar (5 mL)

 

Aturan Pakai

Lostacef dapat dikonsumsi sesudah makan.

 

Cara Penyimpanan

Simpan di tempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya matahari dan jauhkan dari tempat yang lembab.

 

Kemasan

1 Botol @ 60 ml

 

Efek Samping

Gejala mual, muntah, sakit perut, diare, kolitis, rasa tidak enak pada saluran cerna, sakit kepala, reaksi hipersensitif, ruam kulit, urtikaria, angioedema, serum sickness, anafilaksis, pruritis, demam dan artralgia, sindrom Stevens Johnson, nekrolisis epidermal toksis, gangguan fungsi hati, hepatitis transien, eosinofil, gangguan darah (trombositopenia, leukopenia, agranulositosis, anemia, aplastik, anemia hemolitik), gangguan tidur, hiperaktivitas, bingung, hipertonia dan pusing, nervous.

 

Interaksi Obat

Lostacef dapat terjadi interaksi obat bila digunakan bersamaan dengan :

  • Diuretik kuat, aminoglikosid : dapat menyebabkan efek berkurang dengan antibiotika jenis bakteriostatik.
  • Probenesid : dapat menurunkan ekskresi sefalosporin (meningkatkan konsentrasi plasma).
  • Antasida : dapat menurunkan absorpsi sefalosporin.
  • Kumarin : dapat meningkatkan efek antikoagulan dari kumarin.
  • Estrogen : atibakteri yang tidak menginduksi enzim hati dapat mengurangi efek kontrasepsi estrogen (risikonya kecil).

 

Kontra Indikasi

Tidak boleh digunakan oleh penderita dengan kondisi di bawah ini :
  • Hipersensitivitas terhadap obat Lostacef dan anibiotik golongan sefalosporin.
  • Pasien dengan riwayat kolitis (peradangan pada usus).
  • Pasien dengan riwayat diare parah.
  • Pasien dengan riwayat penyakit asma.
  • Pasien dengan penyakit ginjal.
  • Pasien dengan penyakit liver.
  • Ibu hamil dan menyusui.

 

Perhatian

Harus dengan resep dokter.

Hati-hati pada penderita yang memiliki alergi terhadap antibiotik golongan penisilin, sefalosporin, dan betalaktam, pasien dengan gangguan saluran cerna, riwayat penyakit kolitis (peradangan pada usus), gangguan ginja, gangguan hati, riwayat asma, ibu hamil dan menyusui. Sebelum mengkonsumsi cefadroxil, konsultasikan dengan dokter jika ada riwayat alergi antibiotik, serta jika sedang menggunakan obat-obatan lain.

Kategori Kehamilan : B
Studi terhadap sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko pada janin tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil, atau studi terhadap sistem reproduksi binatang  percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak terjadi pada studi terkontol terhadap wanita hamil trisemester 1 (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trisemester selanjutnya).

Segmentasi

K Merah

 

Manufaktur

Ifars