3 Manfaat Teratas Berolahraga Secara Teratur

Olahraga didefinisikan sebagai setiap gerakan yang membuat otot Anda bekerja dan mengharuskan tubuh Anda untuk membakar kalori.

Ada banyak jenis aktivitas fisik, termasuk berenang, berlari, jogging, berjalan, dan menari, dan lain sebagainya.

Menjadi aktif telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Bahkan dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Berikut adalah 3 manfaat olahraga teratur bagi tubuh dan otak Anda.

Berolahraga Bisa Membuat Anda Merasa Lebih Bahagia

Olahraga telah terbukti meningkatkan suasana hati Anda dan mengurangi perasaan depresi, kecemasan, dan stres. Olahraga menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan. Olahraga juga dapat meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon serotonin dan norepinefrin, yang meredakan perasaan depresi.

Selain itu, olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin, yang diketahui membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi rasa sakit.

Menariknya, tidak masalah seberapa intens latihan Anda. Tampaknya olahraga dapat bermanfaat bagi suasana hati Anda, terlepas dari intensitas aktivitas fisiknya. Faktanya, dalam sebuah penelitian pada 24 wanita yang didiagnosis dengan depresi, olahraga dengan intensitas apa pun secara signifikan menurunkan perasaan depresi.

Efek olahraga pada suasana hati begitu kuat sehingga memilih untuk berolahraga (atau tidak) bahkan membuat perbedaan dalam waktu yang singkat. Satu ulasan dari 19 penelitian menemukan bahwa orang aktif yang berhenti berolahraga secara teratur mengalami peningkatan yang signifikan dalam gejala depresi dan kecemasan, bahkan setelah hanya beberapa minggu.

Olahraga Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidak aktif adalah faktor utama dalam penambahan berat badan dan obesitas. Untuk memahami pengaruh olahraga terhadap penurunan berat badan, penting untuk memahami hubungan antara olahraga dan pengeluaran energi.

Tubuh Anda menghabiskan energi dalam tiga cara:

  • Mencerna makanan
  • Berolahraga
  • Menjaga fungsi tubuh, seperti detak jantung dan pernapasan Anda

Saat berdiet, pengurangan asupan kalori akan menurunkan tingkat metabolisme Anda, yang untuk sementara dapat menunda penurunan berat badan. Sebaliknya, olahraga teratur telah terbukti meningkatkan tingkat metabolisme Anda, yang dapat membakar lebih banyak kalori untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa menggabungkan latihan aerobik dengan latihan ketahanan dapat memaksimalkan kehilangan lemak dan pemeliharaan massa otot, yang penting untuk menjaga berat badan dan mempertahankan massa otot tanpa lemak.

Olahraga Baik Untuk Otot Dan Tulang Anda

Olahraga memainkan peran penting dalam membangun dan memelihara otot dan tulang yang kuat. Kegiatan seperti angkat besi dapat merangsang pembentukan otot bila dipasangkan dengan asupan protein yang cukup.

Ini karena olahraga membantu melepaskan hormon yang meningkatkan kemampuan otot Anda untuk menyerap asam amino. Ini membantu mereka tumbuh dan mengurangi kerusakan mereka.

Seiring bertambahnya usia, mereka cenderung kehilangan massa dan fungsi otot, yang dapat menyebabkan peningkatan risiko cedera. Berlatih aktivitas fisik secara teratur sangat penting untuk mengurangi kehilangan otot dan mempertahankan kekuatan seiring bertambahnya usia.

Olahraga juga membantu membangun kepadatan tulang saat Anda masih muda, selain membantu mencegah osteoporosis di kemudian hari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga seperti senam atau lari dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alamat

Jalan Tanah Baru Raya no 10, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat

Whatsapp

(+62)-878-3838-1276

admin@apotek24jam.id

Coming soon !

Dukungan Pembayaran :

Dukungan Pengiriman:

Copyright © 2022 Apotek24Jam

Add to cart