Tahukah Anda Bagaimana Cara Obat Antibiotik Bekerja ?

Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Mereka juga disebut antibakteri. Mereka mengobati infeksi dengan membunuh atau mengurangi pertumbuhan bakteri.

Antibiotik modern pertama digunakan pada tahun 1936. Sebelum antibiotik, 30 persen dari semua kematian di Amerika Serikat disebabkan oleh infeksi bakteri. Berkat antibiotik, infeksi yang sebelumnya fatal dapat disembuhkan. Saat ini, antibiotik masih merupakan obat yang ampuh untuk menyelamatkan nyawa orang dari infeksi serius tertentu.

Bagaimana Cara Kerja Antibiotik Melawan Bakteri?

Antibiotik mengobati infeksi bakteri baik dengan membunuh bakteri atau memperlambat dan menangguhkan pertumbuhannya. Mereka melakukan ini dengan:

  • Menyerang dinding atau melapisi bakteri di sekitarnya
  • Mengganggu reproduksi bakteri
  • Menghalangi produksi protein pada bakteri

Berapa Lama Antibiotik Bekerja?

Antibiotik mulai bekerja tepat setelah Anda mulai meminumnya. Namun, Anda mungkin tidak merasa lebih baik selama 2 hingga 3 hari.

Seberapa cepat Anda menjadi lebih baik setelah pengobatan antibiotik bervariasi. Itu juga tergantung pada jenis infeksi yang Anda tangani.

Sebagian besar antibiotik harus diminum selama 7 hingga 14 hari. Dalam beberapa kasus, perawatan yang lebih pendek juga berhasil. Dokter Anda akan memutuskan lama perawatan terbaik dan jenis antibiotik yang tepat untuk Anda.

Meskipun Anda mungkin merasa lebih baik setelah beberapa hari perawatan, yang terbaik adalah menyelesaikan seluruh rejimen antibiotik untuk mengatasi infeksi Anda sepenuhnya. Ini juga dapat membantu mencegah resistensi antibiotik. Jangan menghentikan rejimen antibiotik Anda lebih awal kecuali profesional kesehatan Anda mengatakan Anda dapat melakukannya.

Antibiotik Terbuat Dari Apa?

Antibiotik beta-laktam pertama, penisilin, ditemukan secara tidak sengaja. Penisilin tumbuh dari gumpalan jamur di cawan petri. Para ilmuwan menemukan bahwa jenis jamur tertentu secara alami menghasilkan penisilin. Akhirnya, penisilin diproduksi dalam jumlah besar di laboratorium melalui fermentasi menggunakan jamur.

Beberapa antibiotik awal lainnya diproduksi oleh bakteri yang ditemukan di tanah.

Saat ini, semua obat antibiotik diproduksi di laboratorium. Beberapa dibuat melalui serangkaian reaksi kimia yang menghasilkan zat yang digunakan dalam pengobatan.

Antibiotik lain setidaknya sebagian dibuat melalui proses alami namun terkendali. Proses ini sering ditingkatkan dengan reaksi kimia tertentu yang dapat mengubah zat asli untuk membuat obat yang berbeda.

Apa Itu Resistensi Antibiotik?

Antibiotik adalah obat kuat yang bekerja sangat baik untuk jenis penyakit tertentu. Namun, beberapa antibiotik sekarang kurang bermanfaat daripada sebelumnya karena peningkatan resistensi antibiotik.

Resistensi antibiotik terjadi ketika bakteri tidak dapat lagi dikendalikan atau dibunuh oleh antibiotik tertentu. Dalam beberapa kasus, ini bisa berarti tidak ada perawatan yang efektif untuk kondisi tertentu.

Setiap tahun, ada lebih dari 2,8 juta kasus infeksi bakteri yang resisten terhadap antibiotik, yang mengakibatkan setidaknya 35.000 kematian.

Saat Anda minum antibiotik, bakteri sensitif dihilangkan. Bakteri yang bertahan selama pengobatan antibiotik sering resisten terhadap antibiotik itu. Bakteri ini biasanya memiliki karakteristik unik yang mencegah antibiotik bekerja pada mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alamat

Jalan Tanah Baru Raya no 10, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat

Whatsapp

(+62)-878-3838-1276

admin@apotek24jam.id

Coming soon !

Dukungan Pembayaran :

Dukungan Pengiriman:

Copyright © 2022 Apotek24Jam

Add to cart