Acarbose 100 mg 10 Tablet (Generik)

Rp18.200

BELI DI TOKOPEDIA

BELI DI SHOPEE

Komposisi

Setiap tablet mengandung Acarbose sebanyak 100 mg.

Kategori

Diabetes

Indikasi Umum

Acarbose digunakan untuk diabetes mellitus yang tidak dapat diatur hanya dengan diet atau diet dengan obat antidiabetik oral.

Deskripsi

Acarbose merupakan antidiabet golongan penghambat alpha-glukosidase intestinal, yang memperlambat absorbsi karbohidrat dan sukrosa. Acarbose mempunyai efek kecil tapi bermakna dalam menurunkan glukosa darah dan dapat digunakan tunggal atau sebagai penunjang terapi jika metformin atau sulfonilurea tidak memadai. Hiperglikemia postprandial pada diabetes tipe 1 (tergantung insulin) dapat dikurangi dengan akarbosa, tetapi sekarang jarang digunakan. Terjadinya flatulensi menghalangi penggunaan akarbosa walaupun efek samping ini cenderung menurun dengan waktu.

Dosis

Dosis Awal : Sehari 3 kali 1 tablet 50mg, dilanjutkan dengan 3×1/2 tablet 100 mg/hari. Dilanjutkan dengan 3×2 tablet 50 mg atau 3×1-2 tablet 100 mg.

Peningkatan dosis dapat dilakukan setelah 4-8 minggu.

Dosis Maksimal : 300 mg per hari

Aturan Pakai

Acarbose Tablet lebih baik dikonsumsi dikunyah bersama satu suapan pertama makanan atau ditelan utuh dengan sedikit air segera sebelum makan.

Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu 20-25 ℃ (68-77 ℉), terlindung dari cahaya. Hindari dari jangkauan anak-anak.

Kemasan

1 Strip @ 10 Tablet

Efek Samping

Flatulensi, tinja lunak, diare (mungkin perlu pengurangan dosis atau penghentian), perut kembung dan nyeri, mual (jarang), reaksi pada kulit dan fungsi hati yang tidak normal. Ada laporan ileus, udema, ikterus, dan hepatitis.

Interaksi Obat

Acarbose tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan :

  • Pankreatin, pankreatin memberikan efek antagonis terhadap efek hipoglikemia akarbosa
  • Orlistat, hindari penggunaan bersamaan dengan akarbosa
  • Cholestiramin, dapat meningkatkan efek hipoglikemik akarbosa
  • Glikosida Jantung seperti digoxin, akarbose dapat menurunkan konsentrasi plasma digoksin
  • Aminoglikosida, meningkatkan efek hipoglikemik akarbosa, juga terjadi memperberat efek samping pada gastrointestinal.

Kontra Indikasi

Wanita hamil, wanita menyusui, anak dan remaja < 18 tahun, inflammatory bowel disease (seperti ulserativa kolitis, Crohn’s disease), obstruksi usus halus sebagian (atau predisposisi), gangguan fungsi hati, gangguan fungsi ginjal, hernia, riwayat bedah perut.

Perhatian

Pemantauan fungsi hati; dapat meningkatkan efek hipoglikemia insulin dan sulfonilurea (episode hipoglikemia dapat diobati dengan glukosa oral tapi tidak dengan sukrosa).

Kategori Kehamilan : B
Studi terhadap sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko pada janin tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil, atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak terjadi pada studi terkontrol terhadap wanita hamil trimester 1 dan tidak ada bukti mengenai risiko pada trimester selanjutnya.

Segmentasi

K Merah

Manufaktur

Generic Manufacturer