Hufaxol Sirup 60 ml

Rp7.500

Deskripsi

Komposisi

Setiap 5 ml Hufaxol Sirup mengandung sebanyak Ambroxol HCl sebanyak 15 mg.

Kategori

Batuk dan Flu

Indikasi Umum

Hufaxol Sirup digunakan sebagai sekretolitik (mukolitik) atau pengencer dahak pada gangguan saluran nafas akut dan kronis yang berhubungan dengan eksaserbasi bronkitis kronis dan bronkitis asmatik dan asma bronkial

Deskripsi

Hufaxol Sirup merupakan mukolitik yang diresepkan untuk membantu mengeluarkan dahak dengan mengurangi kekentalan sputum atau lendir sehingga mudah dikeluarkan dengan batuk. Obat ini digunakan untuk penyakit-penyakit pada saluran pernafasan dimana terjadi banyak lendir atau dahak, seperti : emfisema, radang paru kronis, bronkiektasis, eksaserbasi bronkitis kronis dan akut, bronkitis asmatik, selain itu mengurangi eksaserbasi pada beberapa pasien penyakit paru obstruktif kronis dan batuk produktif kronis. Pengobatan harus dihentikan jika tidak ada manfaat setelah 4 minggu pemberian. Inhalasi uap dengan drainase postural efektif pada bronkiektasis dan beberapa kasus bronkritis kronik.

Dosis

Dewasa dan Anak lebih dari 12 tahun : 2 sendok takar (10 mL) 2-3 kali sehari.
Anak 6 sampai 12 tahun : 1 sendok takar (5 mL) 2-3 kali sehari.
Anak 2 sampai 6 tahun : 1/2 sendok takar (2.5 mL) 2-3 kali sehari.

Aturan Pakai

Hufaxol Sirup lebih baik dikonsumsi sesudah makan. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis ambroxol dengan dosis berikutnya. Hentikan pemakaian ketika sudah tidak ada gejala.

Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu 20-25 ℃ (68-77 F), terlindung dari cahaya. Hindari dari jangkauan anak-anak.

Kemasan

Dus, 1 Botol @ 60 ml

Efek Samping

  • Efek samping yang ringan, seperti: Mual, muntah, sakit perut, diare, dan perut kembung
  • Reaksi intoleran setelah pemberian ambroksol pernah dilaporkan tetapi jarang
  • Efek samping yang ringan pada saluran saluran cerna pernah dilaporkan pada beberapa pasien
  • Reaksi alergi (jarang); reaksi alergi yang ditemukan: reaksi pada kulit, pembengkakan wajah, dispnea, demam
  • Tidak diketahui efeknya terhadap kemampuan mengendarai atau menjalankan mesin

Gangguan Sistem imun :

  • Reaksi hipersensitif (jarang)
  • Reaksi anafilaksis meliputi anaphylactic shock, angioderma dan pruritus (frekuensi tidak diketahui)

Gangguan kulit dan subkutan :

  • Ruam dan urtikaria (jarang)
  • Efek samping penyakit kulit berat (meliputi erythema multiforme, Steven Jhonson Syndrome dan Acute Generelised Exanthematous Pustulosis

Interaksi Obat

Pemberiaan bersamaan dengan antibiotik seperti : amoxicillin, cefuroxime, eritromisin, dan doksisiklin menyebabkan peningkatan penerimaan antibiotik ke jaringan paru-paru.

Kontra Indikasi

Hipersensitif atau alergi terhadap ambroxol.

Perhatian

Penggunaan obat ini harus dengan resep dokter.
Hufaxol Sirup hanya dapat digunakan selama kehamilan (terutama trimester awal) dan menyusui jika memang benar-benar diperlukan, pemakaian selama kehamilan dan menyusui masih memerlukan penelitian lebih lanjut, ambroksol tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa konsultasi dokter, dalam beberapa kasus insufisiensi ginjal, akumulasi dari metabolit ambroksol terbentuk di hati.
Pernah dilaporkan terjadi reaksi kulit yang berat seperti erythema multiforme, Steven Jhonson Syndrome (SJS) atau Toxic Epidemal Necrolysis (TEN) dan Acute Generelised Exanthematous Pustulosis (AGEP) terkait dengan pemberian ambroxol. jika terjadi gejala atau tanda-tanda ruam kulit yang progresif (seperti lepuh atau lesi mukosa), pengobatan dengan menggunakan Ambroxol harus segera dihentikan dan segera hubungi dokter.
Kategori Kehamilan : C
Studi terhadap binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil, atau studi terkontrol pada wanita hamil dan binatang percobaan. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya resiko terhadap janin.

Segmentasi

K Merah

Manufaktur

Gratia Husada Farma

Informasi Tambahan

Berat 0.01 kg
Dimensi 10 × 5 × 1 cm