Acyclovir 5 % Krim 5 gram (Generik)

Rp3.250

BELI DI TOKOPEDIA

BELI DI SHOPEE

Komposisi

Setiap Tube (5 gram) mengandung Acyclovir sebanyak 5 %.

Kategori

Kulit

Indikasi Umum

Acyclovir Krim digunakan untuk mengatasi infeksi herpes simpleks pada kulit dan selaput lendir, termasuk herpes genital dal labial awal serta rekuren.  pengobatan herpes genital parah pada pasien immunocompromised parah, pengobatan infeksi varicella zoster primer dan kambuhan pada pasien immunecompromised, infeksi herpes simplex encephalitis pada neonatus (di atas 6 bulan).

Deskripsi

Acyclovir Krim merupakan obat generik yang mengandung zat aktif Acyclovir. Krim ini digunakan untuk mengatasi infeksi herpes simpleks pada kulit dan selaput lendir yang biasanya berupa luka melepuh yang terjadi disekitar bibir atau wajah. Selain itu, obat ini juga digunakan untuk mengobati herpes genital dan labial awal serta rekuren. Acyclovir Krim bekerja dengan menurunkan kemampuan virus dalam menggandakan diri, yaitu melalui penghambatan DNA polymerase dan replikasi DNA virus, sehingga mencegah pembentukan DNA virus tanpa mempengaruhi sel normal (sel tubuh).

Dosis

Oleskan 5 kali per hari tiap 4 jam tanpa dosis malam. Lanjutkan pengobatan setidaknya selama 5 hari, dalam beberapa kasus pengobatan dilanjutkan hingga 10 hari.

Aturan Pakai

Acyclovir Krim lebih baik digunakan dengan cara dioleskan pada area infeksi/yang sakit setelah kulit dibersihkan dan dikeringkan.

Cara Penyimpanan

Simpan pada suhu 20-25 ℃ (68-77 ℉), terlindung dari cahaya. Hindari dari jangkauan anak-anak.

Kemasan

Dus, Tube @ 5 gram

Efek Samping

  • Bibir pecah-pecah
  • Kulit kering dan mengelupas
  • Nyeri dan rasa terbakar di kulit
  • Gatal, kemerahan, dan iritasi di area kulit yang diolesi
  • Pembengkakan di wajah dan tungkai
  • Sulit bernapas dan menelan

Interaksi Obat

Sejauh ini belum ada interaksi obat yang dilaporkan untuk penggunaan Acyclovir Krim.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas terhadap komponen salep

Perhatian

Jangan menggunakan acyclovir salep untuk kulit di dalam mata, hidung, dan mulut. Bila tidak sengaja mengenai bagian tersebut, segera bilas dengan air. Pada luka lepuh herpes yang muncul di mulut, oleskan hanya di sekitar bibir bagian luar.

Sebelum menggunakan salep acyclovir, beri tahu dokter riwayat penyakit Anda, terutama penyakit yang memengaruhi kekebalan tubuh, seperti HIV/AIDS.

Diskusikan dengan dokter sebelum menggunakan salep acyclovir, terutama bila memiliki alergi pada acyclovir maupun bahan lain yang terkandung dalam obat ini.

Salep acyclovir tidak dapat mencegah penularan virus herpes kelamin. Hindari berhubungan seksual sampai benar-benar sembuh.

Periksakan ke dokter bila setelah satu minggu menggunakan salep acyclovir, gejala masih belum membaik.

Salep acyclovir tidak boleh digunakan pada anak berusia di bawah 12 tahun.

Kategori Kehamilan : B
Studi terhadap sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko pada janin tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil, atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak terjadi pada studi terkontrol terhadap wanita hamil trimester 1 dan tidak ada bukti mengenai risiko pada trimester selanjutnya.

Segmentasi

K Merah

Manufaktur

Generic Manufacturer