Bagaimana Cara Memanfaatkan Makanan Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh?

“Apa yang kita makan sangat penting dalam hal bagaimana sistem kekebalan tubuh kita merespons patogen dan seberapa baik ia dapat mempertahankan diri melawan patogen,” kata Dr. Simin Meydani, ilmuwan senior dan pemimpin tim imunologi nutrisi di Jean Mayer USDA Universitas Tufts, Pusat Penelitian Nutrisi Manusia tentang Penuaan.

Mikronutrien seperti vitamin C, vitamin D, vitamin B kompleks, Zink dan selenium dapat membantu memperbaiki pertahanan tubuh terhadap pilek, flu, dan bahkan Covid-19, kata Meydani. “Tetapi Anda tidak akan meningkatkan kekebalan dengan memakan banyak jumlah satu nutrisi tunggal atau komponen makanan”,  lanjutnya.

Berbagai macam makanan diperlukan untuk menyediakan mikronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan respons imun seluler yang kuat, kata ilmuwan nutrisi Stanford School of Medicine Christopher Gardner.

“Tidak ada satu makanan atau nutrisi yang dapat diandalkan di sini, melainkan interaksi yang harmonis antara berbagai mikronutrien,” kata Gardner.
Rencanakan menu harian Anda di sekitar berbagai macam buah dan sayuran segar berwarna merah, kuning, oranye, biru dan hijau, bersama dengan beberapa biji-bijian berkualitas tinggi, sedikit protein tanpa lemak dan sedikit minyak sehat.

Tanaman dan biji-bijian juga merupakan dasar dari diet Mediterania dan diet DASH, yang merupakan pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Baik diet Mediterania dan DASH menghindari makanan olahan dan fokus pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, lentil dan biji-bijian.

Diet Mediterania dapat mengurangi risiko kolesterol tinggi, demensia, kehilangan memori, depresi dan kanker payudara, menurut banyak penelitian. Makanan dari wilayah Mediterania juga dikaitkan dengan tulang yang lebih kuat, jantung yang lebih sehat, dan umur yang lebih panjang. Makanan itu juga membantu menurunkan berat badan.

Gambaran Umum Tentang Pentingnya Makanan

Seberapa banyak Anda dapat meningkatkan kekebalan dengan nutrisi tergantung pada usia Anda, kesehatan secara keseluruhan, dan tingkat stres, menurut Meydani.

Selain makan dengan baik, penting untuk menjaga berat badan yang sehat, mengurangi stres Anda, mendapatkan tidur yang berkualitas dan olahraga teratur untuk menjaga pertahanan alami tersebut. Tanpa dasar yang sehat itu, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk melumpuhkan penyakit dan bahkan mungkin kalah.

“Pertahanan terbaik melawan ancaman akut virus corona adalah kesehatan yang baik secara kronis,” kata Dr. David Katz, pendiri dan presiden Inisiatif Kesehatan Sejati, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk mempromosikan pengobatan berbasis gaya hidup.

“Jika Anda menghadapi virus seminggu dari sekarang, dua minggu dari sekarang, tiga minggu dari sekarang, ada kemungkinan Anda akan melakukan yang lebih baik karena apa yang Anda lakukan dengan makanan Anda sekarang,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alamat

Jalan Tanah Baru Raya no 10, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat

Whatsapp

(+62)-859-6722-6665

admin@apotek24jam.id

Coming soon !

Dukungan Pembayaran :

Dukungan Pengiriman:

Copyright © 2022 Apotek24Jam

Add to cart